logo
DONASI

A. Gambaran Umum Desa

1. Kondisi Geografis

Desa Lopait secara geografis terletak di wilayah Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang dengan dibatasi 4 desa di Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang, dengan batas-batas sebagai berikut:

  • Sebelah Utara      :  Desa Delik
  • Sebelah Timur      :  Desa Watu Agung
  • Sebelah Selatan   :  Desa Kesongo
  • Sebelah Barat       :  Rawa Pening

Luas wilayah Desa Lopait secara keseluruhan 229,573,05 ha  terdiri dari tanah Pekarangan :11.270 m2, tanah Sawah :  126.390 m2 dan tanah Tegalan : 117.691 m2, Bengkok / ex bengkok : 165.800 m2, Kas Desa : 89.511 m2.

Desa Lopait terdiri dari 4 Dusun ( Dusun Lopait, Dusun Celengan, Dusun Gudang, Dusun Calombo), dan meliputi 4 RW dan 32 RT.

2. Kondisi Demografis

Kondisi Demografis bisa dilihat pada menu Statistik berdasarkan jumlah penduduk, menurut pendidikan, pekerjaan, dan agama.

Jumlah penduduk Desa Lopait sampai bulan Desember 2017 berjumlah 5.168 jiwa dan jumlah KK 2.020.

3. Kondisi Ekonomi

Potensi unggulan dalam memacu perkembangan ekonomi berbekal pada potensi wilayah desa lopait yang berbasis pada sektor pertanian dan peternakan , hal tersebut dapat dilihat dari  aktifitas penduduk dalam kegiatan sehari-hari dalam mengolah lahan pertanian sampai dengan pemetikan hasil serta kegiatan peternakan , potensi tersebut adalah pohon penghasil buah-buahan ( Duren, Kelapa, salak, rambutan, lahan sawah penghasil padi, peternakan meliputi ternak kambing, ternak sapi baik sapi perah maupun sapi penggemukan.

Sesuai dengan kondisi desa yang merupakan daerah agraris maka struktur ekonominya lebih dominan kepada Sektor Pertanian dan/atau Peternakan, di samping sektor-sektor lainnya baik berupa jasa industri, perkebunan, peternakan, pertukangan dan lain-lainnya. Tingkat Pertumbuhan sektor lainya diluar sektor unggulan/dominan, sangat   memungkinkan berkembang apabila adanya perhatian yang lebih dari pemerintah dengan membuka jalur pemasaran serta pembinaan dan bantuan permodalan.