logo
DONASI

Tangan penuh Tatto, Mas Pur Berdayakan warga Lopait

Siapa sangka dibalik tubuhnya yang penuh tatto tersimpan rahasia, bagi yang belum mengenalnya mungkin akan memandang sebelah mata karena penampilannya yang berbeda, tapi jika kita ngobrol bareng dengannya baru akan bisa menyimpulkan ohh… ternyata orangnya baik, ramah dan murah senyum.

Mas Pur biasa ia dipanggil oleh rekan-rekannya alias Purwanto, sehari-hari ia menghabiskan waktu membuat kerajinan berbahan dasar Enceng Gondok yang didapat dari Rawa Pening, Tuntang. Awalnya coba-coba hingga terkumpul banyak jenis kerajinan, mulai dari dudukan HP, tempat pensil, jam, plakat, tempat tissue hingga ornament kapal kini menghiasi rumahnya, tidak hanya itu bahkan produknya kini sudah banyak dipesan orang dari luar kota diantaranya Bandung dan Jakarta. Mengantisipasi pesanan yang semakin banyak jumlahnya ia pun tak segan merangkul warga disekitar rumahnya untuk diberdayakan membuat kerajinan yang ia geluti, alhasil walaupun belum banyak memberikan kontribusi keuntungan tapi setidaknya bisa menjadi tambahan penghasilan.

Selain bisa memberdayakan warga, tak jarang ia diminta memberikan pelatihan oleh Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dibeberapa Kabupaten/kota bekerjasama dengan Instansi Pemerintah. Dari pengalamannya itu kini ia mendirikan Komunitas yang ia beri nama Gudang Kreatif sebagai wadah bersama mengembangkan kreatifitas yang berada dirumahnya, Dusun Gudang Desa Lopait Kecamatan Tuntang. (Erf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *